Metode pengajaran merupakan cara guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Banyak cara guru membelajarkan kepada siswanya. Kadang-kadang cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan pelajaran sangat beragam, namun juga banyak guru yang melaksanakan pembelajaran dengan cara-cara yang selalu sama, baik pada kelas, siswa maupun materi ajar yang berbeda.
Metode pembelajaran yang diberikan kepada siswa sangat berdampak pada proses dan hasil belajar. Apabila guru mengajar hanya dengan metode yang selalu sama maka siswa dan guru sama-sama jenuh dan cenderung membosankan, bagi siswa tertentu kadang-kadan kurang dapat menyerap hasil belajarnya, secara umum pembelajaran yang demikian cenderung kurang efektif.
Metode eksperimen adalah cara penyajian proses pembelajaran dengan menggunakan percobaan. Dengan melakukan eksperimen berarti siswa melakukan kegiatan yang mencakup pengendalian variabel, pengamatan, melibatkan pembanding atau kontrol, dan penggunaan alat-alat praktikum. Dalam proses pembelajaran dengan metode eksperimen ini, siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri.
Metode eksperimen bisa dilakukan di laboratorium atau di lingkungan sekolah yang sesuai dengan pokok bahasan yang akan dipelajari. Dengan peralatan yang memadai dan tepat guna, diharapkan siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan lebih baik. Terdapat hal-hal yang perlu disampaikan kepada siswa, jika menggunakan metode eksperimen, yaitu :
a. Jelaskan tujuan dan harapan apa yang diinginkan dari eksperimen tersebut;
b. Sebutkan alat dan bahan yang diperlukan, berapa ukuran dan takaran yang diperlukan;
c. Terangkan tahap-tahap kegiatannya, atau tahap-tahap prosesnya;
d. Apa saja yang perlu diamati dan dicatat sesuai dengan buku petunjuk eksperimen;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda