Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas II SK. 5.1

Sekolah                         :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   II / 1
Standar Kompetensi   :   5.    Mengenal bacaan salat
Kompetensi Dasar       :   5.1  Melafalkan bacaan salat
Alokasi Waktu             :   3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat melafalkan bacaan salat dengan benar

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran 
1.      Bacaan salat

Metode Pembelajaran
1.      Siswa melafalkan bacaan salat secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
Ø  Pembahasan singkat pengalaman siswa tentang pengalaman pelajaran yang lalu
Ø  Memperkenalkan pokok-pokok bahan ajaran yang akan dipelajari
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan bacaan salat secara klasikal mengikuti bacaan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan bacaan salat secara kelompok
F Siswa melafalkan bacaan salat secara individu
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.   Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang bacaan-bacaan salat

Alat / Sumber Belajar
1.     Lafal bacaan salat pada karton atau papan tulis
2.     Gambar peraga gerakan salat
3.     Buku tata cara salat
4.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
5.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6.     Pengalaman guru
7.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Melafalkan bacaan salat dengan benar (takbiratul ihram, doa iftitah, doa rukuk, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud, tasyahud awal dan akhir, serta salam)

Tes lisan



Pelafalan

Pilihan ganda

Esay


Jawaban singkat

1.      Lafalkan bacaan salat satu persatu!
2.      Doa qunut dibaca waktu salat .…
a. subuh                       b. zuhur                       c. asar
3.      اَللَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ Allāhummahdinî fîman .…
a. ‘afait                        b. hadait                     
c. a’fait
4.      وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ Watawallanî … tawallait.
a. fîmā                         b. syarramā                 
c. fîman
5.      وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ Wabārikli fîmā .…
a. ‘afait                        b. qadait                     
c. ‘alaik
6.      وَقِنِىْ شَرَّمَا قَضَيْتَ
7.      Waqinî syarramā .…
a. tawalait                    b. kadait                                 c. qadait
8.      وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ             Yang Artinya .....................
9.      Wa’āfini fîman .…
10.  Fa innaka taqdî walā yuqdā ….
11.  Fainnahū laayadzillu man .…
12.  Bagaimana artinya  Falakal hamdu ‘alā mā wadait
13.  Bagaimana artinya  Astaghfiruka wa’a tūbu ilaik

Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...












CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ..................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda