Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi : 5. Mengenal bacaan salat
Kompetensi Dasar : 5.1 Melafalkan bacaan salat
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melafalkan bacaan salat dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Bacaan salat
Metode Pembelajaran
1. Siswa melafalkan bacaan salat secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
Ø Pembahasan singkat pengalaman siswa tentang pengalaman pelajaran yang lalu
Ø Memperkenalkan pokok-pokok bahan ajaran yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan bacaan salat secara klasikal mengikuti bacaan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan bacaan salat secara kelompok
F Siswa melafalkan bacaan salat secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang bacaan-bacaan salat
Alat / Sumber Belajar
1. Lafal bacaan salat pada karton atau papan tulis
2. Gambar peraga gerakan salat
3. Buku tata cara salat
4. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
5. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Melafalkan bacaan salat dengan benar (takbiratul ihram, doa iftitah, doa rukuk, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud, tasyahud awal dan akhir, serta salam) | Tes lisan | Pelafalan Pilihan ganda Esay Jawaban singkat | 1. Lafalkan bacaan salat satu persatu! 2. Doa qunut dibaca waktu salat .… a. subuh b. zuhur c. asar 3. اَللَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ Allāhummahdinî fîman .… a. ‘afait b. hadait c. a’fait 4. وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ Watawallanî … tawallait. a. fîmā b. syarramā c. fîman 5. وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ Wabārikli fîmā .… a. ‘afait b. qadait c. ‘alaik 6. وَقِنِىْ شَرَّمَا قَضَيْتَ 7. Waqinî syarramā .… a. tawalait b. kadait c. qadait 8. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ Yang Artinya ..................... 9. Wa’āfini fîman .… 10. Fa innaka taqdî walā yuqdā …. 11. Fainnahū laayadzillu man .… 12. Bagaimana artinya Falakal hamdu ‘alā mā wadait 13. Bagaimana artinya Astaghfiruka wa’a tūbu ilaik |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ..................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda