Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas II SK. 4.2

Sekolah                          :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran             :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           :  II / 1
Standar Kompetensi   :   4.   Mengenal tata cara wudu
Kompetensi Dasar       :   4.2 Membaca doa setelah berwudu
Alokasi Waktu             :   3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat melafalkan doa setelah berwudu
2.      Siswa dapat menghafal dan mempraktikkan doa setelah berwudu

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran 
1.      Doa setelah wudu

Metode Pembelajaran    
1.      Siswa melafalkan doa setelah berwudu secara klasikal dan kelompok
2.      Siswa menghafalkan doa setelah berwudu secara kelompok dan individu

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Memberikan bahan ajaran melalui cerita yang menarik (melalui Mutiara Islam )
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menampilkan hafalannya di depan kelas secara sendiri-sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan doa setelah berwudu secara klasikal dan kelompok
F Siswa menghafalkan doa setelah berwudu secara kelompok dan individu
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah
F menggunakan bahasa sendiri
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa diberi tugas mengerjakan latihan  untuk ditulis di
F buku tugas serta hasilnya dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

Alat / Sumber Belaja
1.      Tulisan lafal doa setelah berwudu di karton atau papan tulis
2.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
3.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.      Pengalaman guru
5.      Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø Melafalkan doa setelah berwudu

Ø Praktik berdoa setelah berwudu

Tes lisan

Tes lisan
Pelafalan

Hafalan
Pilihan ganda

Esay


Jawaban singkat
1.      Lafalkan doa setelah berwudu!
2.      Lafalkan doa setelah berwudu!
3.      Tertib adalah tukun wudu yang .…
a. terakhir                   
b. pertengahan                       c. pertama
4.      Membasuh telinga termasuk …wudu
a. rukun                       b. sunah           
c. batal
5.      Bagaimanakah bunyi bacaan basmallah?
6.      Diantara sunah wudu adalah membasuh telinga. Berapa kali waktu membasuh?



Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda