Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi : 4. Mengenal tata cara wudu
Kompetensi Dasar : 4.2 Membaca doa setelah berwudu
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melafalkan doa setelah berwudu
2. Siswa dapat menghafal dan mempraktikkan doa setelah berwudu
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Doa setelah wudu
Metode Pembelajaran
1. Siswa melafalkan doa setelah berwudu secara klasikal dan kelompok
2. Siswa menghafalkan doa setelah berwudu secara kelompok dan individu
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Memberikan bahan ajaran melalui cerita yang menarik (melalui Mutiara Islam )
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menampilkan hafalannya di depan kelas secara sendiri-sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan doa setelah berwudu secara klasikal dan kelompok
F Siswa menghafalkan doa setelah berwudu secara kelompok dan individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah
F menggunakan bahasa sendiri
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa diberi tugas mengerjakan latihan untuk ditulis di
F buku tugas serta hasilnya dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belaja
1. Tulisan lafal doa setelah berwudu di karton atau papan tulis
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Melafalkan doa setelah berwudu Ø Praktik berdoa setelah berwudu | Tes lisan Tes lisan | Pelafalan Hafalan Pilihan ganda Esay Jawaban singkat | 1. Lafalkan doa setelah berwudu! 2. Lafalkan doa setelah berwudu! 3. Tertib adalah tukun wudu yang .… a. terakhir b. pertengahan c. pertama 4. Membasuh telinga termasuk …wudu a. rukun b. sunah c. batal 5. Bagaimanakah bunyi bacaan basmallah? 6. Diantara sunah wudu adalah membasuh telinga. Berapa kali waktu membasuh? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda