Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas II SK. 5.2

Sekolah                         :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   II / 1
Standar Kompetensi   :    5.   Mengenal bacaan salat
Kompetensi Dasar      :    5.2 Menghafal bacaan salat
Alokasi Waktu             :   6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat hafal bacaan salat dengan benar

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran
1.      Bacaan salat

Metode Pembelajaran
1.      Siswa menghafal bacaan salat secara klasikal, kelompok dan individu

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Pembahasan singkat tentang materi bacaan salat sebelumnya
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal bacaan salat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menghafal bacaan salat secara berkelompok
F Siswa menghafal bacaan salat secara individu
F Siswa menampilkan hafalan bacaan salat di depan kelas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan serta ditulis di buku tugas

Alat / Sumber Belajar
1.     Tulisan lafal bacaan salat di karton atau papan tulis
2.     Gambar peraga gerakan salat
3.     Buku tata cara salat
4.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
5.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6.     Pengalaman guru
7.     Lingkungan sekitar

Penilaian                                                                                                                    
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø   Melafalkan bacaan salat dengan benar

Tes lisan


Hafalan
Pilihan ganda

Esay


Jawaban singkat

1.      Hafalkan bacaan salat satu persatu!
2.      فَإِنَّكَ تَقْضِيْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ Fainnaka taqdî walā yuqdā ‘……….
3.      فَإِنَّهُ لاَيَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ
Fainnahū laayadzillu man ………..
4.      وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
Walā ya’izzu man ‘………………
5.      تَباَرَكْتَ رَبَّناَ وَتَعَالَيْتَ
Tabārakta rabbanā wata’ ………….
6.      فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى ماَ قَضَيْتَ
Falakal hamdu ‘alā mā ……….
7.      اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ       Astaghfiruka wa’a tūbu ……………
8.      Bagaimana artinya Allāhummahdinî fîman hadait
9.      Bagaimana artinya Watawallanî fîman tawallait
10.  Bagaimana artinya Waqinî syarramā qadait



Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ..................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda