Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi : 5. Mengenal bacaan salat
Kompetensi Dasar : 5.2 Menghafal bacaan salat
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat hafal bacaan salat dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Bacaan salat
Metode Pembelajaran
1. Siswa menghafal bacaan salat secara klasikal, kelompok dan individu
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Pembahasan singkat tentang materi bacaan salat sebelumnya
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal bacaan salat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menghafal bacaan salat secara berkelompok
F Siswa menghafal bacaan salat secara individu
F Siswa menampilkan hafalan bacaan salat di depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan serta ditulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar
1. Tulisan lafal bacaan salat di karton atau papan tulis
2. Gambar peraga gerakan salat
3. Buku tata cara salat
4. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
5. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Melafalkan bacaan salat dengan benar | Tes lisan | Hafalan Pilihan ganda Esay Jawaban singkat | 1. Hafalkan bacaan salat satu persatu! 2. فَإِنَّكَ تَقْضِيْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ Fainnaka taqdî walā yuqdā ‘………. 3. فَإِنَّهُ لاَيَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ Fainnahū laayadzillu man ……….. 4. وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ Walā ya’izzu man ‘……………… 5. تَباَرَكْتَ رَبَّناَ وَتَعَالَيْتَ Tabārakta rabbanā wata’ …………. 6. فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى ماَ قَضَيْتَ Falakal hamdu ‘alā mā ………. 7. اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ Astaghfiruka wa’a tūbu …………… 8. Bagaimana artinya Allāhummahdinî fîman hadait 9. Bagaimana artinya Watawallanî fîman tawallait 10. Bagaimana artinya Waqinî syarramā qadait |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ..................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda