Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas II SK. 6.2

Sekolah                            :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran               :        Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester             :        II / 2
Standar Kompetensi      :    6.     Membaca dan menulis huruf Alquran
Kompetensi Dasar         :    6.2   Menulis huruf Hijaiah bersambng
Alokasi Waktu                :        3 ´ 35  menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran    
1.      Siswa dapat memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung
2.      Siswa dapat mempraktikkan menulis huruf Hijaiah bersambung

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran   
1.      Huruf hijaiah bersambung

Metode Pembelajaran    
1.      Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang cara menulis huruf hijaiah bersambung
2.      Siswa berlatih menulis huruf Hijaiah bersambung

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Cerita singkat dari pengetahuan siswa tentang bahan ajar yang lalu
F Memperkenalkan bahan ajar kepada siswa tentang cara menulis huruf Hijaiah bersambung
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa memahami tentang cara menulis huruf Hijaiah
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mempraktikkan menulis huruf Hijaiah
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa memahami bacaan intisari
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan serta menulisnya di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

Alat / Sumber Belajar
1.     Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2.     Tulisan lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis
3.     Buku tajwid
4.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
5.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6.     Alquran (Juz Amma)
7.     Kaset dan CD Alquran
8.     Pengalaman guru
9.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung



Tes tulis





Jawaban singkat
Pilihan ganda

Esay


Jawaban singkat



1.     Bagaimana bentuk tengah huruf ح س ل ?
2.     اُمِّه jika ditulis huruf latin menjadi .…
a. ummihī                               
b. umihī                       c. ummihi
3.     Tanda panjang dengan fathah berdiri ( ___ ) dibaca .…
a. ū                              b. ī                              
c. ā
4.     ( ___ ) tanda panjang di samping disebut .…
a. tanda mad fattah                
b. tanda mad kasrah   
c. tanda mad dammah
5.     Tanda panjang (mad) fathah berdiri dibaca a sama dengan .…
6.     مَجَلَ jika ditulis abjad atau dipisah .…
7.     اَمِّه tulislah ke dalam huruf latin kata di samping!
8.     Tulislah menurut abjad سَمِعَ !
9.     Sebutkan tanda baca panjang (mad) yang kamu ketahui!
10. Sambukan Huruf Ini    .......     : ظَ   هـَ   رَ
11. Sambukan Huruf Ini........        : ضَ   عِ   يْ   فٌ

12. Sambukan Huruf Ini..........      : أَ   خَ   ذَ   تْ   كُ   مْ
13. Sambukan Huruf Ini......          :            لُ   بَ   دًا


Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .....................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda