Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IV / 1
Standar Kompetensi : 1. Membaca surah-surah Alquran
Kompetensi Dasar : 1.1 Membaca surah Al Fatihah dengan lancar
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2 ´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melafalkan surah Al Fatihah dengan harakat dan makhraj yang benar sekaligus dapat menetapkan hukum bacaan yang ada pada surah Al Fatihah
2. Siswa dapat mengartikan surah Al Fatihah dengan benar
3. Siswa dapat menulis kata dan kalimat surah Al Fatihah dengan benar
4. Siswa dapat menyebutkan sekaligus memahami isi pokok surah Al Fatihah
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi pembelajaran
1. Surah Al Fatihah dan Al Ikhlas.
Metode Pembelajaran
1. Siswa berlatih melafalkan Surah Al Fatihah dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa berlatih melafalkan Surah Al Fatihah dengan menerapkan hukum bacaan yang benar
3. Siswa berlatih mengartikan Surah Al Fatihah
4. Siswa berlatih menulis kata dan kalimat Surah Al Fatihah
5. Siswa Mengadakan diskusi dengan teman-temannya mengkaji isi pokok Surah Al Fatihah
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memperkenalkan bahan ajaran yang menarik dan berguna bagi siswa (melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan Surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok-kelompok dan individu
F Siswa melafalkan Surah Al Fatihah dengan menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Fatihah secara berulang-ulang
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengartikan Surah Al Fatihah secara berkelompok
F Siswa menulis kata dan kalimat Surah Al Fatihah berdasarkan instruksi dan penjelasan guru
F Siswa menyebutkan isi pokok kandungan Surah Al Fatihah secara kelompok
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang isi pokok Surah Al Fatihah dan pemahaman siswa mengenai hukum bacaan yang ada pada Surah Al Fatihah
F Guru membacakan kesimpulan dari materi Surah Al Fatihah yang telah disampaikan
F Siswa menceritakan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
Alat / Sumber Belajar
1. Tulisan Surah Al Fatihah beserta artinya di karton
2. Tulisan definisi hukum-hukum bacaan di karton
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Buku Tajwid
6. Buku-buku lain yang relevan
7. Kaset/ CD Al Quran tentang surah Al Fatihah
8. Pengalaman guru
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Melafalkan surah Al Fatihah dengan harakat dan makhraj yang benar Ø Menerapkan hukum bacaan yang ada di surah Al Fatihah (bacaan alif lam dan izhar) Ø Mengartikan surah Al Fatihah dengan benar Menulis kata dan kalimat surah Al Fatihah dengan benar Ø Menyebutkan isi pokok surah Al Fatihah | Tes lisan Tes lisan Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Pelafalan Pelafalan Jawaban singkat Jawaban singkat Essay | 1. Lafalkan Surah Al Fatihah 2. Bacalah surah Al Fatihah sesuai dengan makhraj harakat dan hukum bacaan yang benar! 3. Apa arti kalimat (ayat) اِهْدِنَالصِّرَاطَالْمُسْتَقِيْمَ؟ 4. اياك نعبد و اياك نستعين Salinlah lengkap dengan tanda bacanya yang benar! 5. Sebutkan isi pokok dari ayat ke-2 surah Al Fatihah! |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ...................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda