Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : III/1
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.3 Menampilkan perilaku hemat
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memahami dan menjelaskan pengertian perilaku hidup hemat
2. Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku hidup hemat
3. Siswa dapat menjelaskan cara-cara hidup hemat
4. Siswa dapat menyebutkan keuntungan perilaku hidup hemat
5. Siswa mampu bersikap dan berperilaku hidup hemat
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Perilaku hemat.
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan dikusi dengan teman-temannya membahas bahan ajar perilaku hidup hemat dan pengertiannya
2. Siswa berlatih menunjukkan contoh-contoh perilaku hidup hemat
3. Siswa berlatih menyebutkan keuntungan perilaku hidup hemat
4. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang cara-cara hidup hemat
5. Siswa menerapkan perilaku hidup hemat dalam praktik kesehariannya
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang pengalaman mereka dalam menggunakan uang yang diberikan orangtua mereka
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam dan sepenggal kisah)
2. Kegiatan Inti .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan memperhatikan uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa menjelaskan ciri-ciri orang yang hemat dan cirri-ciri orang yang boros Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menunjukkan contoh perilaku hidup hemat
F Siswa menyebutkan keuntungan orang yang hidup hemat dan kerugian orang yang boros
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang cara-cara hidup hemat melalui pengalaman mereka sehari-hari
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta untuk melakukan aktivitas .
F Siswa melakukan aktivitas.
F Siswa menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa membaca dan memahami bacaan intisari
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan
Alat / Sumber Belajar
1. Gambar peraga tentang perilaku hidup hemat
2. Cerita-cerita Islami yang berhubungan dengan perilaku hidup hemat
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 3, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 3 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
· Menjelaskan pengertian perilaku hemat · Menunjukkan contoh perilaku hidup hemat · Menjelaskan cara-cara hidup hemat · Menyebutkan keuntungan perilaku hidup hemat | Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Essay Pilihan ganda Jawaban singkat Jawaban singkat | · Apa yang dmaksud dengan perilaku hemat? · Lusi anak yang hemat, ia selalu menyisihkan uangnya untuk …. · membeli mainan · ditabung · dihabiskan o Tuliskan dua cara hidup hemat! o Apa saja manfaat yang dapat dipetik dari perilaku hidup hemat |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda