Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : 8. Membiasakan Perilaku Terpuji
Kompetensi Dasar : 8.1 Mencontohkan perilaku hormat dan santun
kepada orangtua dan guru
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan tata cara hormat kepada orangtua dan guru
2. Siswa dapat menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru
3. Siswa dapat membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Hormat dan santun kepada orangtua dan guru
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang tata cara hormat kepada orangtua dan guru
2. Siswa berlatih memberikan contoh cara menghormati orangtua dan guru
3. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang cara menghormati orangtua dan guru berdasarkan pengalaman mereka sehari-hari
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Mengupas singkat tentang jasa-jasa orangtua dan guru
F Memperkenalkan bahan ajar melalui mutiara Islam atau cerita menarik yang berkaitan dengan bahan ajar
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memahami bagaimana cara untuk menghormati orangtua dan guru
F Siswa memberikan contoh tentang perbuatan yang baik dilakukan untuk kedua orangtua dan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa secara berkelompok dan individu menghafal doa untuk kedua orangtua beserta artinya
F Menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan bahan ajar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis contoh cara menghormati orangtua dan guru masing-masing lima dan tulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar
1. Gambar peraga tentang anak yang berbakti kepada orangtua dan hormat kepada guru
2. Teks cerita tentang akibat anak yang durhaka kepada orangtua (cerita sahabat Nabi yang bernama Al Qomah atau lainnya)
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menjelaskan tatacara hormat kepada orangtua dan guru Ø Menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru Ø Membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Esay Jawaban singkat Jawaban singkat Pilihan ganda Esay | 1. Mengapa orangtua wajib dihormati? 2. Beri masing-masing satu contoh hormat terhadap orangtua dan guru! 3. Apa yang kamu lakukan jika orangtuamu sakit? 4. Muliakanlah orang-orang yang pernah memberikan pelajaran kepadamu. Yang dimaksud memberi pelajaran kepadamu ialah .… a. dokter b. guru c. bapak atau ibu 5. Guru adalah orang tua kita di sekolah, oleh karena itu harus kita .… a. hormati b. biarkan c. benci 6. Kepada guru kita harus bersikap .… 7. Guru adalah pahlawan tanpa tanda .… |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ...................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda