Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas II SK. 8.1

Sekolah                         :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   II / 2
Standar Kompetensi   :    8.   Membiasakan Perilaku Terpuji
Kompetensi Dasar       :   8.1 Mencontohkan perilaku hormat dan santun
                                                  kepada orangtua dan guru
Alokasi Waktu            :    6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan tata cara hormat kepada orangtua dan guru
2.      Siswa dapat menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru
3.      Siswa dapat membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran
1.      Hormat dan santun kepada orangtua dan guru

Metode Pembelajaran
1.      Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang tata cara hormat kepada orangtua dan guru
2.      Siswa berlatih memberikan contoh cara menghormati orangtua dan guru
3.      Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang cara menghormati orangtua dan guru berdasarkan pengalaman mereka sehari-hari

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Mengupas singkat tentang jasa-jasa orangtua dan guru
F Memperkenalkan bahan ajar melalui mutiara Islam atau cerita menarik yang berkaitan dengan bahan ajar
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memahami bagaimana cara untuk menghormati orangtua dan guru
F Siswa memberikan contoh tentang perbuatan yang baik dilakukan untuk kedua orangtua dan guru

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa secara berkelompok dan individu menghafal doa untuk kedua orangtua beserta artinya
F Menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan bahan ajar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis contoh cara menghormati orangtua dan guru masing-masing lima dan tulis di buku tugas

Alat / Sumber Belajar
1.     Gambar peraga tentang anak yang berbakti kepada orangtua dan hormat kepada guru
2.     Teks cerita tentang akibat anak yang durhaka kepada orangtua (cerita sahabat Nabi yang bernama Al Qomah atau lainnya)
3.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
4.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5.     Pengalaman guru
6.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø Menjelaskan tatacara hormat kepada orangtua dan guru
Ø Menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru
Ø Membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru

Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis

Esay
Jawaban singkat

Jawaban singkat
Pilihan ganda






Esay


1.      Mengapa orangtua wajib dihormati?
2.      Beri masing-masing satu contoh hormat terhadap orangtua dan guru!
3.      Apa yang kamu lakukan jika orangtuamu sakit?
4.      Muliakanlah orang-orang yang pernah memberikan pelajaran kepadamu. Yang dimaksud memberi pelajaran kepadamu ialah .…
a. dokter                      b. guru            
c. bapak atau ibu
5.      Guru adalah orang tua kita di sekolah, oleh karena itu harus kita .…
a. hormati                    b. biarkan c. benci
6.      Kepada guru kita harus bersikap .…
7.      Guru adalah pahlawan tanpa tanda .…

Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...












CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ...................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda