Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas II SK. 8.2

Nama Sekolah             :    SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   II / 2
Standar Kompetensi   :    8.   Membiasakan Perilaku Terpuji
Kompetensi Dasar      :    8.2 Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada
                                                 tetangga
Alokasi Waktu             :   3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga
2.      Siswa dapat membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran 
1.      Sopan dan santun terhadap tetangga

Metode Pembelajaran
1.      Siswa berlatih menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga
2.      Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang adab terhadap tetangga dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan terhadap tetangga

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Cerita singkat tentang pengalaman siswa dari bahan ajar yang lalu
F Mengenalkan bahan ajar melalui cerita menarik dalam sepenggal kisah dan dari Hadis/ayat Alquran yang berkaitan dengan ajar (melalaui Mutiara Islam )
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga
F Siswa memberikan pendapat, komentar tentang adab bertetangga dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan terhadap tetangga
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan dan ditulis di buku tugas

Alat / Sumber Belajar
1.      Gambar peraga tentang adab bertentangga
2.      Teks cerita tentang adab bertentangga (cerita perilaku Nabi Muhammad SAW tehadap para     Tetangga)
3.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
4.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5.      Pengalaman guru
6.      Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø Menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga
Ø Membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga

Tes tulis

Tes tulis



Jawaban singkat

Jawaban singkat
Pilihan ganda











Esay
Jawaban singkat


1.      Apa saja yang baik dilakukan terhadap tetangga?
2.      Jika tetangga kita sakit, kita harus ….
3.      Barang siapa beriman kepada Allah SWT dan hari akhir maka … tetanggamu.
a. hilangkan                 b. muliakan c. singkirkan
4.      Orang yang rumahnya dekat dengan kita ialah .…
a. guru                         b. dokter            
c. tetangga
5.      Dengan tetangga kita harus .…
a. tolong-menolong    
b. membelakangi              
c. menjauhi
6.      Batas tetangga dekat ialah .…
7.      Apabila bertemu dengan guru kita ucapkan .…
8.      Orang yang biasa menghargai orang lain, maka hidupnya akan .…


Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...












CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda