Nama Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi Dasar : 9.1 Mencontoh gerakan salat
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menunjukkan gerakan salat dengan tertib
2. Siswa dapat mempraktikkan gerakan salat dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Salat
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan diskusi dengan temannya tentang gerakan-gerakan salat dari gambar peraga
2. Siswa berlatih menunjukkan gerakan salat
3. Siswa mempraktikkan gerakan salat dengan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Pembahasan singkat pengalaman siswa yang telah melaksanakan salat
F Memperkenalkan pokok-pokok bahan ajaran yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memperhatikan uraian guru tentang bahan ajar dan gambar peraga
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih melakukan gerakan salat bersama teman satu kelas kemudian satu kelompok
F Siswa melakukan gerakan salat secara individu
F Siswa melaksanakan tugas dari guru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan yang ada di untuk ditulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar
1. Gambar peraga salat
2. Lafal bacaan salat
3. Buku tata cara salat
4. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
5. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menunjukkan gerakan salat dengan tertib Ø Mempraktikkan gerakan salat dengan benar | Tes tulis Tes praktik | Jawaban singkat Praktik Pilihan ganda Esay Jawaban singkat | 1. Tulis gerakan salat dalam satu rakaat dengan berurutan 2. Praktik gerakan salat dengan benar! 3. Sekurang-kurangnya salat berjamaah itu .… a. dua orang b. tiga orang c. empat orang. 4. Salat berjamaah itu dipimpin oleh …. a. ustadz b. imam c. makmum 5. Orang yang mengikuti imam disebut .… a. orang islam b. jamaah c. makmum 6. Keutamaan salat berjamaah dapat mempererat …. 7. Jika jamaah itu perempuan imamnya adalah .… 8. Salat fardu lebih utama dikerjakan dengan…. 9. Apakah yang dimaksud salatberjamaah? 10. Apakah perbedaan anatar imam dan makmum? 11. اَلصَّلاَةُ مِفْتَاحُ الْجَنَّةِ Artinya : 12. Salat berjamaah adalah 13. Keutamaan salat berjamaah, yaitu : |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ..................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda