Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas II SK. 9.2

Nama Sekolah             :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   II / 2
Standar Kompetensi   :    9.   Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi Dasar       :   9.2 Mempraktikkan salat secara tertib
Alokasi Waktu             :   6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat melaksanakan salat dengan sempurna

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran
1.      Salat

Metode Pembelajaran
1.      Siswa berlatih menyerasikan gerakan salat dan bacaan salat
2.      Siswa mempraktikkan salat dengan gerakan dan bacaan salat secara sempurna

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Guru mengingatkan kembali pentingnya salat sebagai seorang muslim
F Siswa menghafal bacaan salat yang telah dipelajari
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal bacaan salat secara bersama-sama dan sendiri-sendiri
F Siswa menghafal gerakan salat secara bersama-sama dan sendiri-sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memperaktikkan keserasian bacaan salat dan gerakan salat di atas secara                bersama-sama, kemudian mempraktikkan secara individu
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.   Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan

Alat / Sumber Belajar
1.     Lafal bacaan salat
2.     Gambar peraga gerakan salat
3.     Kelas/ruangan/mushala
4.     Perlengkapan salat
5.     Buku tata cara salat
6.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
7.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
8.     Pengalaman guru
9.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Melaksanakan salat dengan sempurna
Tes praktik


Praktik

1.      Praktikkan salat dengan sempurna ?
2.      Pahala salat berjamaah….
a. 47 derajat                b. 37 derajat
c. 27 derajat
3.      Jika jamaah itu orang laki-laki dan perempuan yang menjadi imam adalah .…
a. laki-laki                   
b. perempuan              
c. orang tua
4.      Dalam salat berjamaah harus ada imam dan…
5.      Salat berjamaah boleh dikerjakan di mana saja asal suci dari .…
6.      Bolehkah seoranglaki-laki menjadi makmum seorang perempuan?
7.      Bagaimana seharusnya saf dalam salat ebrjamaah?
8.      Sebutkan keutamaan salat berjamaah dibandingkan dengan salat munfarid ?

Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...












CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda