Nama Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi Dasar : 9.2 Mempraktikkan salat secara tertib
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melaksanakan salat dengan sempurna
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Salat
Metode Pembelajaran
1. Siswa berlatih menyerasikan gerakan salat dan bacaan salat
2. Siswa mempraktikkan salat dengan gerakan dan bacaan salat secara sempurna
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Guru mengingatkan kembali pentingnya salat sebagai seorang muslim
F Siswa menghafal bacaan salat yang telah dipelajari
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal bacaan salat secara bersama-sama dan sendiri-sendiri
F Siswa menghafal gerakan salat secara bersama-sama dan sendiri-sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memperaktikkan keserasian bacaan salat dan gerakan salat di atas secara bersama-sama, kemudian mempraktikkan secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan
Alat / Sumber Belajar
1. Lafal bacaan salat
2. Gambar peraga gerakan salat
3. Kelas/ruangan/mushala
4. Perlengkapan salat
5. Buku tata cara salat
6. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
7. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Melaksanakan salat dengan sempurna | Tes praktik | Praktik | 1. Praktikkan salat dengan sempurna ? 2. Pahala salat berjamaah…. a. 47 derajat b. 37 derajat c. 27 derajat 3. Jika jamaah itu orang laki-laki dan perempuan yang menjadi imam adalah .… a. laki-laki b. perempuan c. orang tua 4. Dalam salat berjamaah harus ada imam dan… 5. Salat berjamaah boleh dikerjakan di mana saja asal suci dari .… 6. Bolehkah seoranglaki-laki menjadi makmum seorang perempuan? 7. Bagaimana seharusnya saf dalam salat ebrjamaah? 8. Sebutkan keutamaan salat berjamaah dibandingkan dengan salat munfarid ? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda