Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas III SK. 4.2

Sekolah                             :     SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran                :    Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester              :    III / 1
Standar Kompetensi       :    4.          Melaksanakan salat dengan tertib
Kompetensi Dasar           :    4.2        Menampilkan keserasian gerakan dan
                                                            bacaan salat
Alokasi Waktu                 :    6 x 35 menit (2 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran                      
1.      Siswa mampu mempraktikkan gerakan salat dengan benar dan berurutan
2.      Siswa mampu mempraktikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat dengan benar dan berurutan

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran                       
1.      Keserasian antara gerakan dan bacaan salat

Metode Pembelajaran              
1.      Siswa berlatih mempraktikkan gerakan salat mengikuti gerakan guru.
2.      Siswa mempraktikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Mengkorelasikan pelajaran yang telah di dapat tentang masalah salat dengan bahan ajar keserasian gerak dan bacaan salat
2.   Kegiatan Inti         .   
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa memperhatikan gerakan salat pada gambar peraga
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mempraktikkan gerakan-gerakan salat secara klasikal dan berkelompok
F Siswa mempraktikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat secara klasikal dan berkelompok
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.   Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa membaca dan memahami bacaan intisari
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan dan ditulis di buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1.     Lafal bacaan salat di karton
2.     Gambar peraga salat
3.     Kelas/ruangan/mushala
4.     Alat perlengkapan salat
5.     Kaset dan CD tentang bacaan dan gerakan salat
6.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 3, Jakarta : Erlangga
7.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 3 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
8.     Buku tata cara salat
9.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Mempratikkan gerakan salat
·         Mempratikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat

Tes praktik
Tes praktik
Praktik
Praktik
·         Praktikkan gerakan salat dengan benar!
·         Pratikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat!


Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda