Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : 7. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar : 7.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengartikan lima dari Asmaul Husna
2. Siswa dapat hafal lima Asmaul Husna beserta artinya
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Asmaul Husna
Metode Pembelajaran
1. Siswa berlatih mengartikan lima dari Asmaul Husna
2. Siswa menghafal lima dari Asmaul Husna beserta artinya
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Uraian singkat siswa tentang pengetahuan mereka dari pelajaran yang lalu
F Mengenalkan bahan ajaran kepada siswa mengenai arti dari lima Asmaul Husna
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memperhatikan uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna secara klasikal
F Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna secara berkelompok
F Siswa menghafal lima dari Asmaul Husna secara berkelompok
F Siswa menghafal lima dari Asmaul Husna beserta artinya secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberikan beberapa pertanyaan tentang bahan ajar kepada siswa
F Siswa memahami bacaan intisari
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan serta menulisnya di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar
1. Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima Asmaul Husna pada karton lainnya untuk dicocokkan
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Mengartikan lima Asmaul Husna Ø Hafal lima Asmaul Husna beserta artinya Ø Praktik menulis huruf Hijaiah bersambung | Tes tulis Tes tulis Tes unjuk kerja | Jawaban singkat Hafalan Praktik Pilihan ganda Esay Jawaban singkat | 1. Apa arti Asmaul Husna As Sami’? 2. Hafalkan lima Asmaul Husna beserta artinya! 3. Salinlah kembali huruf Hijaiah bersambung di bawah ini dengan benar! 4. Suka membuat sesuatu yang baik sebagai cermin nama Allah SWT .… a. al-khaliq b. al-basir c. as-sami’ 5. Suka melihat yang baik berarti pengamalan nama Allah SWT .… a. al-basir b. al-khaliq c. as-sami’ 6. Manusia mendengar melalui .… 7. Kita tidak mau mencuri, karena dilihat oleh .… 8. Budi tidak mau menggunjing temannya. Mengapa? 9. Siapakah yang menyelamatkan Nabi Isa as dari kejaran raja yang dalim? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ....................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda