Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : III / 2
Standar Kompetensi : 6. Mengenal sifat mustahil Allah SWT
Kompetensi Dasar : 6.1 Menyebutkan sifat mustahil Allah SWT
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memahami dan menjelaskan pengertian sifat mustahil bagi Allah SWT
2. Siswa dapat menyebutkan sifat mustahil bagi Allah SWT
3. Siswa dapat menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Sifat mustahil Allah SWT.
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan diskusi kelompok dengan teman-temannya membahas sifat mustahil bagi Allah SWT dan pengertiannya
2. Siswa berlatih menyebutkan sifat mustahil bagi Allah SWT
3. Siswa menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Memberikan cerita singkat dan menarik yang berkaitan dengan bahan ajar (melalui sepenggal kisah)
F Mengajukan beberapa pertanyaan tentang sifat wajib bagi Allah SWT
F Memberi pendahuluan menggunakan fitur Mutiara Islam tentang bahan ajar yang disampaikan
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyampaikan pendapat tentang definisi sifat mustahil bagi Allah SWT
F Siswa menyebutkan sifat mustahil bagi Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
F Guru mendengarkan siswa mengulang penyebutan sifat mustahil bagi Allah SWT secara klasikal dan berkelompok
Alat / Sumber Belajar
1. Tulisan sifat mustahil bagi Allah SWT di karton atau papan tulis
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 3, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 3 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
· Menjelaskan pengertian sifat mustahil bagi Allah SWT · Menyebutkan sifat mustahil bagi Allah SWT · Menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT | Tes lisan Tes tulis Tes tulis | Essay Jawaban singkat Hafalan | · Apakah yang dimaksud dengan sifat mustahil bagi Allah SWT? · Sebutkan tiga sifat mustahil bagi Allah SWT! · Hafalkan sifat mustahil bagi Allah SWT! |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda