Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : III / 2
Standar Kompetensi : 8. Melakukan salat fardu
Kompetensi Dasar : 8.2 Mempraktikkan salat fardu
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (2 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mempraktikkan salat fardu dengan benar
2. Siswa dapat mengamalkan salat fardu
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Praktik salat fardu (lihat buku pendidikan Agama.
Metode Pembelajaran
1. Siswa mempraktikkan salat fardu secara klasikal, kelompok dan individu
2. Siswa mengamalkan salat fardu dalam praktik keseharian
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Guru mengulang kembali uraian materi sebelumnya tentang salat fardu termasuk gerakan dan bacaan dalam salat dengan ringkas
2. Kegiatan Inti .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memperhatikan gambar peraga gerakan dan bacaan salat fardu
F Siswa secara klasikal dan berkelompok melakukan gerakan-gerakan salat secara benar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan bacaan-bacaan salat secara klasikal dan berkelompok
F Siswa melakukan praktik salat fardu secara klasikal, kelompok dan individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas
F Siswa membaca dan memahami bacaan intisari
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan dan menuliskannya di buku tugas
Alat / Sumber Belajar
1. Lafal bacaan salat di karton
2. Gambar peraga salat
3. Kelas/ruang/musholla
4. Buku tata cara salat
5. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 3, Jakarta : Erlangga
6. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 3 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
7. Kaset dan CD tentang tata cara salat
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
· Menuliskan huruf-huruf Alquran · Menuliskan huruf-huruf Alquran melalui kata · Menuliskan huruf Alquran melalui kalimat/ayat | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Penulisan Penulisan Penulisan | Tuliskan huruf-huruf Alquran dengan benar Tuliskan kata-kata di bawah ini dengan huruf Alquran sambung: a. taidakhraga b. alimun c. markazun Tuliskan kalimat-kalimat dibawah ini dengan huruf Alquran sambung: a) di ashabil fil b) yaj’ai kaidahum c) tairan abadil |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ..................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda