Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : III / 1
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.1 Menampilkan perilaku percaya diri
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memahami dan menjelaskan pengertian perilaku percaya diri
2. Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku percaya diri
3. Siswa dapat menyebutkan manfaat perilaku percaya diri
4. Siswa dapat menjelaskan cara-cara menumbuhkan perilaku percaya diri
5. Siswa mampu bersikap dan berperilaku percaya diri
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Perilaku percaya diri.
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas bahan ajar sikap percaya diri dan pengertiannya
2. Siswa berlatih menunjukkan contoh-contoh perilaku percaya diri
3. Siswa berlatih menyebutkan manfaat perilaku percaya diri
4. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang cara-cara menumbuhkan perilaku percaya diri
5. Siswa menerapkan perilaku percaya diri dalam praktik kesehariannya
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Tadarus bersama surat-surat yang telah dihafal siswa
F Mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan sikap percaya diri
F Memperkenalkan bahan ajar sikap percaya diri (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa membaca bahan ajar sikap percaya diri, siswa lainnya menyimak dengan baik
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengartikan sikap percaya diri
F Siswa menunjukkan cirri-ciri orang yang bersikap percaya diri
F Siswa menyebutkan keuntungan orang yang percaya diri
F Siswa menyebutkan kerugian yang ditimbulkan oleh sikap tidak percaya diri
F Siswa mengerjakan tugas-tugas dari guru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada.
F Mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang cara-cara menumbuhkan perilaku percaya diri
Alat / Sumber Belajar
1. Gambar peraga tentang perilaku percaya diri
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 3, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 3 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru atau peribadi
7. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
· Apa arti dari sifat wujud yang dimiliki Allah SWT? · Menjelaskan pengertian perilaku percaya diri · Menunjukkan contoh-contoh perilaku percaya diri · Menyebutkan manfaat percaya diri · Menjelaskan cara-cara menum-buhkan perilaku percaya diri | · Tes tulis · Tes tulis · Tes tulis · Tes tulis | · Essay · Pilihan ganda · Jawaban singkat · Jawaban singkat | · Apa yang dimaksud dengan perilaku percaya diri? · Andi bersedia menjadi wakil sekolahnya dalam olimpiade fisika karena memiliki perilaku . . . o sombong o percaya diri o kikir · Sebutkan satu manfaat dari perilaku percaya diri · Tuliskan dua cara menumbuhkan perilaku percaya diri! |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .....................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda