Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : III / 1
Standar Kompetensi : 1. Mengenal kalimat dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 1.1 Membaca kalimat dalam Alquran
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat dengan benar
2. Siswa dapat melafalkan kalimat dalam Alquran dengan benar sesuai harakat dan makhraj
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Membaca kalimat dalam Alquran
Metode Pembelajaran
1. Siswa berlatih membaca huruf, kata dan kalimat dalam Alquran secara klasikal, kelompok dan individu setelah mendengar penjelasan dari guru
2. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang cara membaca huruf, kata dan kalimat dalam Alquran sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Tadarus bersama surat-surat yang telah dihafal siswa
F Memperkenalkan bahan ajar mengenai huruf, kata dan kalimat dalam Alquran (melalui Fitur Mutiara Islam dan sepenggal kisah)
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memperkenalkan cara melafalkan huruf, kata dan kalimat dalam Alquran
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diperkenalkan macam-macam harakat dan makhraj (keluarnya huruf)
F Siswa secara berulang-ulang melafalkan huruf, kata dan kalimat sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang cara membaca huruf, kata dan kalimat dalam Alquran sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
Alat / Sumber Belajar
1. Alquran (Juz Amma)
2. Tulisan harakat, huruf, kata dan kalimat Alquran pada karton
3. Kaset dan CD Alquran
4. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 3, Jakarta : Erlangga
5. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 3 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6. Buku Tajwid atau buku-buku lain yang relevan
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
· Melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat dengan benar · Melafalkan kalimat dalam Alquran dengan benar sesuai harakat dan makhraj | Tes lisan Tes lisan | Pelafalan Pelafalan | 1. Lafalkan huruf- huruf Alquran dalam kalimat-kalimat di bawah ini: a. مَرْضِيٌّ b. يَدْخُلُ c. اَنْهَارٌ 2. Lafalkan kalimat-kalimat di bawah ini sesuai harakat dan makhrajnya: a. لاِِ ِيْلاَفِيْ قُرَيْشٍ b. كِتَابٌ مَّرْقُوْمٌ |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .....................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda