Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : III / 2
Standar Kompetensi : 8. Melakukan salat fardu
Kompetensi Dasar : 8.1 Menyebutkan salat fardu
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memahami dan menjelaskan pengertian salat fardu
2. Siswa dapat menyebutkan nama-nama salat fardu
3. Siswa dapat menunjukkan waktu pelaksanaan salat fardu
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Salat fardu (lihat buku pendidikan Agama Islam.
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang pengertian salat fardu
2. Siswa berlatih menyebutkan nama-nama salat fardu secara klasikal, kelompok dan individu
3. Siswa berlatih menunjukkan waktu pelaksanaan salat fardu secara klasikal, kelompok dan individu
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang masalah salat
F Mengkolerasikan pelajaran yang telah didapat tentang masalah salat dengan bahan ajar salat fardu (melalui fitur Mutiara Islam dan sepenggal kisah)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati penjelasan guru tentang bahan ajar
F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian salat fardu
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa secara klasikal, berkelompok dan individu menyebutkan nama-nama salat fardu
F Siswa secara berkelompok dan individu menunjukkan waktu pelaksanaan salat fardu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu seputar masalah salat fardu dan waktu pelaksanaannya
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
Alat / Sumber Belajar
1. Lafal bacaan salat di karton
2. Gambar peraga salat
3. Buku tata cara salat
4. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 3, Jakarta : Erlangga
5. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 3 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6. Kaset dan CD tentang tatacara salat
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
· Menuliskan huruf-huruf Alquran · Menuliskan huruf-huruf Alquran melalui kata · Menuliskan huruf Alquran melalui kalimat/ayat | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Penulisan Penulisan Penulisan | Tuliskan huruf-huruf Alquran dengan benar Tuliskan kata-kata di bawah ini dengan huruf Alquran sambung: a) taidakhraga b) alimun c) markazun Tuliskan kalimat-kalimat dibawah ini dengan huruf Alquran sambung: þ di ashabil fil þ yaj’ai kaidahum þ tairan abadil |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda