Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas III SK. 4.1

Sekolah                           :     SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran              :     Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            :     III / 1
Standar Kompetensi     :     4.           Melakukan salat dengan tertib
Kompetensi Dasar         :     4.1         Menghafal bacaan salat
Alokasi Waktu               :     6 x 35 menit (2 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran              
1.      Siswa dapat melafalkan bacaan salat dengan benar
2.      Siswa dapat menghafalkan bacaan salat dengan benar

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran         
1. Bacaan salat.

Metode Pembelajaran              
1.      Siswa melafalkan bacaan salat secara klasikal, kelompok dan individu
2.      Siswa menghafalkan bacaan salat secara kelompok dan individu serta menampilkan hafalannya di depan kelas

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang masalah salat
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam dan sepenggal kisah)
2.   Kegiatan Inti         .   
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan bacaan salat secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang-ulang bacaan salat secara kelompok dan individu
F Siswa yang telah menguasai hafalan bacaan salat, menampilkan hafalannya di depan            kelas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah dengan menggunakan bahasa sendiri
F Guru mendengarkan siswa mengulang hafalan bacaan salat mereka secara berkelompok dan individu

Alat / Sumber Belajar
1.    Lafal bacaan salat di karton
2.    Gambar peraga salat
3.    Kaset dan CD tentang bacaan dan gerakan salat
4.    Buku Pendidikan Agama Islam.
5.    Buku tata cara salat
6.    Pengalaman guru

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Melafalkan bacaan salat dengan benar
·         Menghafalkan bacaan salat dengan benar
Tes tulis
Tes tulis
Pelafalan
Hafalan
·         Apa yang dmaksud dengan perilaku hemat Lafalkan bacaan salat dengan benar!?
·         Hafalkan bacaan salat dengan benar!


Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda