Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : III / 2
Standar Kompetensi : 6. Mengenal sifat mustahil Allah SWT
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengartikan sifat mustahil Allah SWT
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan arti sifat mustahil bagi Allah SWT
2. Siswa dapat memahami setiap arti dari sifat mustahil bagi Allah SWT
3. Siswa dapat menghafal sifat mustahil beserta artinya
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Sifat mustahil Allah SWT.
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan diskusi kelompok dengan teman-temannya tentang arti sifat mustahil bagi Allah SWT
2. Siswa menghafal sifat mustahil beserta artinya
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Memberikan uraian singkat tentang materi sebelumnya
F Meminta siswa untuk menyebutkan lima sifat mustahil bagi Allah SWT
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru berkaitan dengan bahan ajar yang disajikan
F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang arti sifat mustahil bagi Allah SWT
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membahas dan mengkaji kandugan setiap arti dari sifat mustahil bagi Allah SWT
F Siswa menghafal sifat mustahil beserta artinya secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menampilkan hafalannya di depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa menyebutkan kembali hafalannya tentang sifat mustahil beserta artinya secara klasikal dan kelompok
F Guru diminta menyimak dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru dan menulisnya di buku tugas
F Siswa mengerjakan latihan, dan menuliskannya di buku tugas
Alat / Sumber Belajar
1. Tulisan sifat mustahil bagi Allah SWT di atas potongan karton dan bagian lain arti dari sifat mustahil bagi Allah SWT pada karton lainnya untuk dicocokkan
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 3, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 3 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
· Menjelaskan arti sifat mustahil bagi Allah SWT · Memahami arti sifat mustahil bagi Allah SWT · Menghafal sifat mustahil bagi Allah SWT beserta artinya | Tes tulis Tes lisan Tes lisan | Essay Jawaban singkat Hafalan | · Jelaskan arti sifat mustahil Allah Ajzum! · Mustahil Allah itu buta! Coba jelaskan dengan singkat! · Hafalkan sifat mustahil bagi Allah SWT beserta artinya! |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .....................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda