Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : 7. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar : 7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan lima dari Asmaul Husna dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Asmaul Husna
Metode Pembelajaran
1. Siswa menyebutkan lima dari Asmaul Husna secara klasikal, kelompok dan individu
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Mengupas secara singkat tentang kebesaran Allah
F Mengajukan pertanyaan untuk siswa yang telah mengetahui beberapa sifat Allah
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa secara klasikal menyebutkan lima dari Asmaul Husna mengikuti bacaan guru
F Siswa secara berkelompok menyebutkan lima dari Asmaul Husna
F Siswa secara individu menyebutkan lima dari Asmaul Husna
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis lima dari Asmaul Husna di buku tugas
Alat / Sumber Belaja
1. Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton atau papan tulis
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menyebutkan lima Asmaul Husna | Tes tulis | Pelafalan Pilihan ganda Esay Jawaban singkat | 1. Hadis Nabi yang artinya : “Sesungguhnya Allah SWT mempunyai 99 nama, barangsiapa hafal (membaca tiap hari ) masuk surga” (H.R.Tirmizi) di antara 99 nama Allah SWT itu ada 5 yang harus kita tahu yaitu Sebutkan lima Asmaul Husna! 2. Allah SWT mempunyai nama al-gafur artinya .… a. Maha Pengampun b. Maha Pencipta c. Maha Penyelamat 3. Suka memberi pertolongan sebagai cermin nama Allah SWT .… a. As-Sami’ b. As-salam c. Al-basir 4. Bersikap mendengarkan sewaktu diberi pelajaran sebagai cermin nama Allah SWT .… a. As salam b. al-khaliq c. as-sami’ 5. Ana dan ani saling berjabatan tangan untuk saling minta maaf. Sebagai pengamalan nama Allah SWT .… 6. Tukang kayu dapat membuat kursi, sebagai pengamalan nama Allah SWT .… 7. Nabi Ibrahim selamat dari kobaran api yang menyala-nyala, berarti Allah SWT maha .… 8. Tukang batu membuat gedung. Hal ini sebagai cerminan nama Allah SWT apa? 9. Kita tidak mau mencorat-coret tembok, walaupun tidak ada yang tahu. Hal ini sebagai cerminan nama Allah SWT apa? 10. Mengapa benda yang kecilpun selalu dilihat oleh Allah SWT? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .....................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda