Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : III / 2
Standar Kompetensi : 5. Mengenal ayat-ayat Alquran
Kompetensi Dasar : 5.1 Membaca huruf-huruf Alquran
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melafalkan huruf-huruf Alquran
1. Siswa dapat melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kata
2. Siswa dapat melafalkan huruf Alquran melalui kalimat/ayat
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Membaca ayat-ayat Alquran.
Metode Pembelajaran
1. Siswa berlatih melafalkan huruf-huruf Alquran secara klasikal dan berkelompok
1. Siswa berlatih melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kata secara klasikal, kelompok dan individu
2. Siswa berlatih melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat/ayat Alquran secara klasikal, kelompok dan individu
3. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang cara melafalkan huruf Alquran baik dalam kata kalimat/ayat Alquran
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memperkenalkan bahan ajar mengenai huruf-huruf Alquran (melalui fitur Mutiara Islam dan sepenggal kisah)
2. Kegiatan Inti. .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memperkenalkan cara melafalkan huruf-huruf Alquran baik melalui kata, kalimat/ayat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf-huruf Alquran secara klasikal dan kelompok
F Siswa melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kata secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat/ayat Alquran secara klasikal, kelompok dan individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang cara melafalkan huruf Alquran dalam kata, kalimat atau ayat Alquran
F Siswa menyimpulkan kisah yang ada dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
Alat / Sumber Belajar
1. Tulisan huruf-huruf Alquran di karton atau papan tulis
2. Tulisan huruf-huruf Alquran dalam kata-kata di karton
3. Tulisan huruf-huruf Alquran di karton
4. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 3, Jakarta : Erlangga
5. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 3 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6. Buku tajwid
7. Buku-buku lain yang relevan
8. Kaset dan CD tentang cara baca Alquran
9. Alquran (juz Amma)
10. Pengalaman guru
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
· Melafalkan huruf-huruf Alquran · Melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kata · Melafalkan huruf Alquran melalui kalimat/ayat | Tes lisan Tes lisan Tes lisan | Pelafalan Pelafalan Pelafalan | Lafalkan bacaan huruf-huruf Alquran dengan benar! Lafalkan huruf-huruf Alquran melalui kata-kata dibawah ini:
c. يُكَسِّرُ Lafalkan kalimat-kalimat berikut: a. يَحْفَظُ اَبْصَارَهُمْ b. خَلَقَ الاِْ نْسَانَِ c. بِمَاتَعْمَلُوْنَ |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda