Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : III / 1
Standar Kompetensi : 1. Mengenal kalimat dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 1.2 Menulis kalimat dalam Alquran
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menulis kalimat Alquran dengan benar
2. Siswa dapat menulis ayat-ayat Alquran dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Menulis kalimat dalam Alquran.
Metode Pembelajaran
1. Siswa berlatih menulis huruf, kata dan kalimat dalam Alquran secara individu
2. Siswa berlatih merangkaikan huruf-huruf hijaiah menjadi huruf hijaiah sambung atau sebaliknya
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Guru mengulang kembali uraian tentang huruf, kata dan kalimat dalam Alquran secara ringkas
F Memperkenalkan bahan ajar mengenai cara menulis huruf, kata dan kalimat dalam Alquran
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diperkenalkan cara merangkaikan huruf-huruf menjadi huruf hijaiah sambung
F Siswa menyalin huruf, kata dan kalimat dalam Alquran
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa merangkaikan huruf-huruf hijaiah menjadi huruf hijaiah sambung
F Siswa menulis ayat-ayat Alquran sesuai dengan tugas yang diberikan guru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa membaca dan memahami bacaan pada intisari (halaman 9)
F Siswa mengerjakan latihan dan menuliskannya di buku tugas
Alat/Sumber Belajar
1. Alquran (Juz Amma)
2. Tulisan harakat, huruf, kata dan kalimat Alquran pada karton
3. Kaset dan CD Alquran
4. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 3, Jakarta : Erlangga
5. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 3 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6. Buku tajwid atau buku-buku lain yang relevan
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Menuliskan kalimat Alquran dengan benar Menuliskan ayat-ayat Alquran dengan benar | Tes tulis Tes tulis | Penulisan Penulisan | Tuliskan kalimat-kalimat berikut dengan huruf Alquran sambung ? a. allahu kabirun b. fihi mukhtolifun c. lan tantahi Tuliskan ayat-ayat Alquran berikut dengan huruf Alquran sambung: a. lam yalid walam yulad b. amma yatasa alun c. kalla saya’lamunna |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda