Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas I SK. 3.1.1

Sekolah                         :    SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   I / 1
Standar Kompetensi   :    3.    Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar       :   3.1   Membiasakan perilaku jujur
Alokasi Waktu             :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran    
1.      Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku jujur dan keuntungannya
2.      Siswa dapat membiasakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran                       
1.      Perilaku jujur.

Metode Pembelajaran    
1.      Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang contoh perilaku jujur dan keuntungannya.
2.      Siswa mempraktikkan dan membiasakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : Cerita dari pengetahuan siswa tentang pelajaran sebelumnya atau pengamatan dan pengalaman siswa yang berkaitan dengan bahan ajar
F Motivasi :Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa yang berkaitan dengan perilaku jujur (melaui fitur Mutiara Islami)
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
F Siswa menyampaikan pendapat tentang contoh dan keuntungan dari perilaku jujur
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengamati gambar peraga dalam buku dan mengemukakan pendapatnya
F Siswa mengemukakan hal-hal yang tidak boleh berkaitan dengan bahan ajar dan cara menghindarinya
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Alat / Sumber Belajar
1.     Gambar-gambar peraga yang mencerminkan sifat jujur
2.     Perilaku siswa yang jujur
3.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
4.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5.     Buku-buku lain yang relevan
6.     Alquran (juz Amma)
7.     Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
8.     Pengalaman guru
9.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian Target
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh  Instrumen
Ø  Menunjukkan contoh perilaku jujur dan keuntungannya
Ø  Membiasakan perilaku jujur
Tes Tertulis

 Tes Tertulis
Uraian

Uraian
Ø  Berikan contoh perilaku jujur!

Ø  Apa yang diperoleh jika kamu jujur?


Format Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.












CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .....................................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda