Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas I SK. 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran          :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester       :   I / 1
Standar Kompetensi :   1.     Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar     :   1.1   Melafalkan QS Al Fatihah dengan lancar
Alokasi Waktu           :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran  
1.        Siswa dapat melafalkan surah Al fatihah dengan lancar dan  benar

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran   
1.        Materi tentang melafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan  benar


Metode Pembelajaran :      
1.        Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan  individu.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
F Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi


Motivasi :
F memberikan informasi tentang tujuan mempelajari ketentuan-ketentuan bahan ajar surah Al Fatihah  dan isi kandungannya serta keistimewaannya (melalui Fitur Mutiara Islam dan Sepenggal kisah)
2.         Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru secara hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence) , serta Tanggung jawab (responsibility);
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran secara Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna secara Tanggung jawab (responsibility ), memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar secara Tanggung jawab ( responsibility dan Jujur ( fairnes ).
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Fatihah secara kelompok dan individu
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Alat / Sumber Belajar
1.      Tulisan lafal surah Al Fatihah pada karton
2.      Alquran (Juz Amma)
3.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
4.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5.      Buku-buku lain yang relevan
6.      Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
7.      Pengalaman guru
8.      Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Ø  Melafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan benar

Tes Lisan
Hafalkan
1.        Hafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan benar !
2.        Apabila ada huruf bertanda baca fathah diikuti oleh ya’ mati dibaca apa?
3.        Sebutkan surat  al-Fatihah tiap ayat!
4.        Setiap membaca satu huruf al-Quran mendapat pahala satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipatkan .…
a. 10 kebaikan
b. 20 kebaikan                       c. 30 kebaikan
5.        ar-Rahmān artinya adalah?

Format Kriteria Penilaian      
1.      Produk ( Hasil Diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.      Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
...











CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.



Lancar, .....................................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda