RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 1. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 1.2 Menghafalkan QS Al Fatihah dengan lancar
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menghafalkan surah Al fatihah dengan lancar dan benar
2. Siswa dapat mengamalkan surah Al Fatihah secara rutin
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Materi tentang menghafal dan mengamalkan surah Al Fatihah
Metode Pembelajaran
1. Siswa menghafalkan surah Al Fatihah secara berkelompok dan individu serta mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Motivasi : Mengulang bacaan lafal surah Al Fatihah
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafalkan surah Al Fatihah secara kelompok dan individu mengikuti
F Siswa mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru mendengarkan siswa mengulang-ulang hafalan surah Al Fatihah
F Siswa mengamalkan surah Al Fatihah secara rutin
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Alat / Sumber Belajar
1. Tulisan lafal surah Al Fatihah pada karton
2. Alquran (Juz Amma)
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen / Soal |
Ø Menghafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan benar Ø Mengamalkan surah Al Fatihah secara rutin | Tes Lisan Tes Lisan | Hafalan Hafalan |
2. Demonstrasikan hafalan surah Amalkan Surah Al Fatihah secara rutin! 3. Tuliskan Bahasa Arab |
Format Kriteria Penilaian
- Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
- Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .....................................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda