Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas I SK. 2.1

Sekolah                        :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran                :    Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester         :    I / 1
Standar Kompetensi   :    2.   Mengenal Rukun Iman
Kompetensi Dasar      :    2.1 Menunjukkan kekuasaan Allah SWT melalui
                                                ciptaan-Nya
Alokasi Waktu             :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran
1.        Siswa dapat menunjukkan adanya dan siapa Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya
2.        Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah

Materi Pembelajaran 
1.      Materi tentang kekuasaan Allah SWT.

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian ( respect ), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage ), ketulusan (honesty ),  integritas (integrity ), peduli ( caring ) dan jujur (fairnes)

Metode Pembelajaran    
1.        Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang adanya Allah melalui ciptaan-Nya dan alam sekitar
2.        Siswa berlatih membuat contoh-contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : Memberikan cerita singkat tentang orang-orang yang teguh keimanannya (melalui Sepenggal Kisah di halaman 16 ditambah dengan kisah lainnya)
F Mengajukan beberapa pertanyaan tentang siapa Allah
F Memberi pendahuluan menggunakan fitur mutiara Islami
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berdiskusi secara berkelompok tentang siapa Allah, siapa Malaikat
F Apa nama kitab suci umat Islam, siapa nama rasul terakhir, apa hari kiamat dan apa Qada dan Qadar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Alat / Sumber Belajar
1.      Teks lagu mengenai Rukun Iman serta kaset lagu-lagu Islami tentang rukun Iman
2.      Teks Rukun Iman di karton atau papan tulis
3.      Potongan karton yang dituliskan padanya setiap Rukun Iman untuk diurutkan
4.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
5.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6.      Buku-buku lain yang relevan
7.      Alquran (juz Amma)
8.      Kaset atau CD Alquran
9.      Pengalaman guru
10.  Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Ø  Menunjukkan adanya Allah melalui ciptaan-Nya dan alam sekitar
Ø  Menunjukkan contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah

Tes tulis



Tes tulis

Pilihan ganda


Jawaban singkat
1.        Manusia wajib …. Karunia Allah SWT
a)      mengingat
b)      menerima
c)      mensyukuri
2.  Kita harus menolong orang yang ….?
3.  Sebutkan contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah ?
4.  Sebutkan adanya Allah melalui ciptaan-Nya dan alam sekitar ?


Format Kriteria Penilaian      
  1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

  1. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
...










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Lancar, .....................................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda