Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.4 Membiasakan perilaku disiplin
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku disiplin dan keuntungannya
2. Siswa dapat membiasakan perilaku disiplin dalam kehidupan sehari-hari
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Perilaku disiplin.
Metode Pembelajaran
1. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara kelompok dan individu tentang contoh perilaku disiplin dan keuntungannya.
2. Siswa mempraktikkan dan membiasakan perilaku disiplin dalam kehidupan sehari-hari
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : Cerita dari pengetahuan siswa tentang pelajaran sebelumnya atau pengamatan dan pengalaman siswa yang berkaitan dengan bahan ajar
F Motivasi : Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa yang berkaitan dengan perilaku disiplin (melaui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
F Siswa menyampaikan pendapat tentang contoh dan manfaat dari perilaku disiplin
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengamati gambar peraga dalam buku dan mengemukakan pendapatnya
F Siswa mengemukakan hal-hal yang tidak boleh berkaitan dengan bahan ajar dan cara menghindarinya
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Guru memberikan tugas siswa yang mengerjakan latihan dan ditulis di buku tugas serta mengumpulkan tugas tersebut pada pertemuan berikutnya. Siswa perlu dibimbing dalam membaca dan memahami tes.
Alat / Sumber Belajar
1. Gambar-gambar peraga yang mencerminkan perilaku disiplin
2. Perilaku siswa yang jujur
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian Target | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Menunjukkan contoh perilaku disiplin dan keuntungannya Ø Membiasakan perilaku disiplin | Tes Tertulis Tes Tertulis | Jawaban singkat Pilihan ganda | 1. Untuk apa kamu harus membiasakan disiplin? 2. Belajar dengan teratur adalah contoh berperilaku …. a) disiplin b) jujur c)teliti |
Format Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .....................................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda