Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas I SK. 4.1

Sekolah                         :    SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   I / 1
Standar Kompetensi   :    4.   Mengenal tata cara bersuci (taharah)
Kompetensi Dasar      :    4.1 Menjelaskan pengertian bersuci
Alokasi Waktu             :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran
1.        Siswa dapat mendefinisikan pengertian bersuci
2.        Siswa dapat menyebutkan tata cara bersuci dengan benar
3.        Siswa dapat menunjukkan alat-alat untuk bersuci

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran
1.        Taharah.

Metode Pembelajaran
1.        Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang pengertian bersuci / taharah
2.        Siswa berlatih untuk menyebutkan tata cara bersuci dan alat-alat untuk bersuci

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : Cerita dari  pengalaman dan kebiasaan siswa sehari-hari tentang tata cara bersuci
F Motivasi :  Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa yang berkaitan dengan bersuci / taharah (melaui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bahan ajar yang disajikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan tata cara bersuci secara klasikal dan berkelompok
F Siswa menyebutkan alat-alat yang dapat dipakai bersuci di sekitar tempat belajar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru

Alat / Sumber Belajar
1.     Gambar-gambar peraga tentang tata cara bersuci
2.     Alat-alat bersuci yang bisa disiapkan
3.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
4.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5.     Buku-buku lain yang relevan
6.     Alquran (juz Amma)
7.     Teks doa sebelum masuk dan sesuadah keluar toilet di karton atau papan tulis
8.     Pengalaman guru
9.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian Target
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh  Instrumen
Ø  Menjelaskan pengertian bersuci
Ø  Menyebutkan tata cara bersuci
Ø  Menunjukkan alat untuk bersuci
Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

Jawaban singkat
Esay

Jawaban singkat

1.        Toharoh itu bersuci dari ….
2.        Bagaimana bersuci yang benar/bersih?
3.        Apa alat yang digunakan untu bersuci?



Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .....................................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda