Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 4. Mengenal tata cara bersuci (taharah)
Kompetensi Dasar : 4.1 Menjelaskan pengertian bersuci
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mendefinisikan pengertian bersuci
2. Siswa dapat menyebutkan tata cara bersuci dengan benar
3. Siswa dapat menunjukkan alat-alat untuk bersuci
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Taharah.
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang pengertian bersuci / taharah
2. Siswa berlatih untuk menyebutkan tata cara bersuci dan alat-alat untuk bersuci
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : Cerita dari pengalaman dan kebiasaan siswa sehari-hari tentang tata cara bersuci
F Motivasi : Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa yang berkaitan dengan bersuci / taharah (melaui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bahan ajar yang disajikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan tata cara bersuci secara klasikal dan berkelompok
F Siswa menyebutkan alat-alat yang dapat dipakai bersuci di sekitar tempat belajar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
Alat / Sumber Belajar
1. Gambar-gambar peraga tentang tata cara bersuci
2. Alat-alat bersuci yang bisa disiapkan
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Teks doa sebelum masuk dan sesuadah keluar toilet di karton atau papan tulis
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian Target | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Menjelaskan pengertian bersuci Ø Menyebutkan tata cara bersuci Ø Menunjukkan alat untuk bersuci | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Jawaban singkat Esay Jawaban singkat | 1. Toharoh itu bersuci dari …. 2. Bagaimana bersuci yang benar/bersih? 3. Apa alat yang digunakan untu bersuci? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .....................................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda