Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas I SK. 5.2

Sekolah                         :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   I / 1
Standar Kompetensi   :    5.   Mengenal Rukun Islam
Kompetensi Dasar      :    5.2 Menghafal Rukun Islam
Alokasi Waktu             :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran    
1.      Siswa dapat menghafal Rukun Islam dengan lancar dan berurutan
2.      Siswa dapat menunjukkan contoh pengalaman Rukun Islam

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran
1.      Rukun Islam.

Metode Pembelajaran
1.      Siswa menghafal Rukun Islam secara kelompok dan individu
2.      Siswa berlatih untuk menunjukkan contoh-contoh pengalaman Rukun Islam

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.  Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : memberikan pertanyaan tentang pengertian Rukun Islam
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2.  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menunjukkan contoh-contoh pengalaman Rukun Islam
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menghafal Rukun Islam secara kelompok dan individu
F Siswa mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa mengerjakan latihan serta menulisnya di buku tugas

Alat / Sumber Belajar
1.     Teks Rukun Islam di karton atau papan tulis
2.     Teks lagu Rukun Islam (syair lagu “balonku”)    
3.     Potongan karton yang dituliskan padanya setiap Rukun Islam untuk diurutkan
4.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
5.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6.     Alquran (juz Amma)
7.     Kaset atau CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
8.     Pengalaman guru 
9.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian Target
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh  Instrumen
Ø  Menghafalkan Rukun Islam dengan lancar

Ø  Menunjukkan contoh pengamalan Rukun Islam
Tes lisan


Teks tulis
Hafalan


Pilihan ganda
1.        Hafalan Rukun Islam dengan berurutan!

2.        Pergi haji hanya wajib bagi yang ….
a.       mau
b.      ikhlas
c.       mampu


Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
...










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .....................................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda