Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 2
Standar Kompetensi : 6. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 6.3 Menghafal QS Al Asr dengan lancar
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melafalkan surah Al Asr dengan benar
2. Siswa dapat menghafalkan surah Al Asr dengan lancar dan benar
3. Siswa dapat membiasakan membaca surah Al Asr
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Surah Al Asr
Metode Pembelajaran
1. Siswa melafalkan surah Al Asr secara klasikal dan berkelompok
2. Siswa menghafalkan surah Al Asr secara berkelompok dan individu
3. Siswa membiasakan membaca surah Al Asr dalam kesempatan-kesempatan lain
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : menghafalkan surah Al Asr dan isi kandungannya serta keistimewaannya
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal surah Al Asr
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan surah Al Asr secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
F Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Asr secara kelompok dan individu
F Siswa yang telah menguasai bahan hafalan, tampil ke depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah Sepenggal kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman dan menuliskannya dalam buku tugas serta mengumpulkan tugas tersebut pada pertemuan berikutnya. Siswa perlu dibimbing dalam membaca dan memahami soal tes
Alat / Sumber Belajar
1. Tulisan lafal surah Al Asr pada karton atau papan tulis
2. Alquran (Juz Amma)
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian Target | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Melafalkan Surah An Asr Ø Menghafal Surah Al Asr dengan lancar Ø Membiasakan membaca Surah Al Asr | Tes lisan Tes lisan Tes lisan | Pelafalan Hafalan Hafalan | 1. Lafalkan Surah Al Asr! 2. Hafalkan Surah Al Asr! 3. Amalkan Surah Al Asr secara rutin! |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda