Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 2
Standar Kompetensi : 7. Mengenal dua kalimat syahadat
Kompetensi Dasar : 7.1 Melafalkan syahadat tauhit dan syahadat rasul
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melafalkan syahadat tauhit dan syahadat rasul dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Syahadat
Metode Pembelajaran
1. Siswa melafalkan syahadat tauhit dan syahadat rasul secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : menghafalkan syahadat tauhit dan syahadat rasul dengan benar
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat bersama-sama
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat berkelompok
F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberi tugas siswa untuk menulis lafal dua kalimat syahadat di buku tugas
Alat / Sumber Belajar
1. Teks lafal dua kalimat syahadat pada karton atau papan tulis
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Alquran (Juz Amma)
6. Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian Target | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul dengan benar | Tes lisan | Hafalan | 1. Hafalkan dua kalimat syahadat 2. Apa arti dua kalimat syahadat ? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. ... | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda