Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas I SK. 7.1

Sekolah                         :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   I / 2
Standar Kompetensi   :    7.   Mengenal dua kalimat syahadat
Kompetensi Dasar      :    7.1 Melafalkan syahadat tauhit dan syahadat rasul
Alokasi Waktu            :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran
1.        Siswa dapat melafalkan syahadat tauhit dan syahadat rasul dengan benar

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran
1.        Syahadat

Metode Pembelajaran
1.        Siswa melafalkan syahadat tauhit dan syahadat rasul secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : menghafalkan syahadat tauhit dan syahadat rasul dengan benar
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat bersama-sama
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat berkelompok
F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat secara individu
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberi tugas siswa untuk menulis lafal dua kalimat syahadat di buku tugas

Alat / Sumber Belajar
1.      Teks lafal dua kalimat syahadat pada karton atau papan tulis
2.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
3.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.      Buku-buku lain yang relevan
5.      Alquran (Juz Amma)
6.      Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
7.      Pengalaman guru
8.      Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian Target
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh  Instrumen
Ø  Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul dengan benar

Tes lisan


Hafalan

1.      Hafalkan dua kalimat syahadat
2.      Apa arti dua kalimat syahadat ?

Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
...










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda