Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas I SK. 7.3

Sekolah                      :  SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran         :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester       :  I / 2
Standar Kompetensi:  7.       Mengenal dua kalimat syahadat
Kompetensi Dasar  :   7.3     Menghafalkan dua kalimat syahadat
Alokasi Waktu        :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran
1.          Siswa dapat menghafalkan dua kalimat syahadat dengan lancar dan benar
2.          Siswa dapat mengamalkan dua kalimat syahadat dalam shalat

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran           
1.        Syahadat.

Metode Pembelajaran
1.        Siswa menghafalkan dua kalimat syahadat secara klasikal, kelompok dan individu
2.        Siswa berlatih untuk mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : melafalkan dua kalimat syahadat secara klasikal dan kelompok
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2.    Kegiatan Inti      
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menghafalkan dua kalimat syahadat dengan lancar dan benar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat bersama-sama
F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat secara berkelompok
F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat secara individu
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa mengerjakan latihan serta menulisnya di buku tugas untuk dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

Alat / Sumber Belajar
1.     Teks lafal dua kalimat syahadat pada karton atau papan tulis
2.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
3.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.     Buku-buku lain yang relevan
5.     Alquran (Juz Amma)
6.     Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
7.     Pengalaman guru
8.     Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh  Instrumen / Soal
Ø  Menghafalkan dua kalimat syahadat

Ø  Mengamalkan dua kalimat syahadat dalam salat

Tes lisan


Tes lisan

Hafalan


Hafalan
1.          Hafalkan dua kalimat syahadat beserta artinya! 

2.          Amalkan dua kalimat syahadat secara rutin!



Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda