Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas II SK. 2.2

Sekolah                         :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   II/ 1
Standar Kompetensi   :    2.   Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar      :    2.2 Mengertikan lima Asmaul Husna
Alokasi Waktu             :   3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengertikan lima dari Asmaul Husna
2.      Siswa dapat memahami lima dari Asmaul Husna
3.      Siswa dapat hafal lima dari Asmaul Husna beserta artinya

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran 
1.      Asmaul Husna

Metode Pembelajaran
1.      Siswa berlatih mengartikan lima dari Asmaul Husna secara klasikal dan kelompok
2.      Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman mereka tentang lima dari Asmaul Husna
3.      Siswa menghafalkan arti lima dari Asmaul Husna

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Siswa menyebutkan kembli dari lima Asmaul Husna yang telah dihafal
F Guru memperkenalkan bahan ajaran arti lima dari Asmaul Husna (melalui kisah sepengal kisah)
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafalkan lima Asmaul Husna dan artinya secara individu
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna secara berkelompok dan klasikal
F Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bahan ajar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F   Siswa diminta melaksanakan aktivitas
F    Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah 
F    menggunakan bahasa sendiri
F   Siswa memahami bacaan intisari
F   Guru memberi tugas serta dikumpulkan pad pertemuan berikutnya

Alat / Sumber Belajar
1.     Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima Asmaul Husna pada karton lainnya untuk dicocokkan
2.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
3.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.     Pengalaman guru
5.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Mengartikan lima dari Asmaul Husna

Ø  Hafal lima dari Asmaul Husna
Tes tulis


Tes tulis

Tes tulis

Jawaban singkat


Hafalan
Esay

Pilihan ganda



1.      Apa Asmaul Husna yang artinya Maha Penyayang?
2.      Hafalan lima dari Asmaul Husna beserta artinya!
3.      Hanya kepada-Mu ya Allah SWT kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami mohon ....
a. ijin                          
b. pertolongan             c. maaf
4.      Apabila kita ditimpa musibah, sikap yang baik adalah .…
a. marah                       b. diam            
c. sabar
5.      Kita minta pertolongan dengan batu yang besar berarti tidak sama dengan asma Allah SWT .…
6.      Apabila Allah SWT menghendaki sesuatu pasti terjadi, ini berarti atas kehandak .…
7.      Bolehkah kamu menyembah patung?
8.      Kepada siapa kita mohon perlindungan?
9.      Bagaimanakah sikapmu bila keluargamu terkena musibah?


Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1




3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda