Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II/ 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar : 2.2 Mengertikan lima Asmaul Husna
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengertikan lima dari Asmaul Husna
2. Siswa dapat memahami lima dari Asmaul Husna
3. Siswa dapat hafal lima dari Asmaul Husna beserta artinya
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Asmaul Husna
Metode Pembelajaran
1. Siswa berlatih mengartikan lima dari Asmaul Husna secara klasikal dan kelompok
2. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman mereka tentang lima dari Asmaul Husna
3. Siswa menghafalkan arti lima dari Asmaul Husna
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Siswa menyebutkan kembli dari lima Asmaul Husna yang telah dihafal
F Guru memperkenalkan bahan ajaran arti lima dari Asmaul Husna (melalui kisah sepengal kisah)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafalkan lima Asmaul Husna dan artinya secara individu
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna secara berkelompok dan klasikal
F Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bahan ajar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melaksanakan aktivitas
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah
F menggunakan bahasa sendiri
F Siswa memahami bacaan intisari
F Guru memberi tugas serta dikumpulkan pad pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar
1. Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima Asmaul Husna pada karton lainnya untuk dicocokkan
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian Target | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Mengartikan lima dari Asmaul Husna Ø Hafal lima dari Asmaul Husna | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Jawaban singkat Hafalan Esay Pilihan ganda | 1. Apa Asmaul Husna yang artinya Maha Penyayang? 2. Hafalan lima dari Asmaul Husna beserta artinya! 3. Hanya kepada-Mu ya Allah SWT kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami mohon .... a. ijin b. pertolongan c. maaf 4. Apabila kita ditimpa musibah, sikap yang baik adalah .… a. marah b. diam c. sabar 5. Kita minta pertolongan dengan batu yang besar berarti tidak sama dengan asma Allah SWT .… 6. Apabila Allah SWT menghendaki sesuatu pasti terjadi, ini berarti atas kehandak .… 7. Bolehkah kamu menyembah patung? 8. Kepada siapa kita mohon perlindungan? 9. Bagaimanakah sikapmu bila keluargamu terkena musibah? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda