Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II/ 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar : 2.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan lima dari Asmaul Husna
2. Siswa dapat menghafal lima Asmaul Husna
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Asmaul Husna
Metode Pembelajaran
1. Siswa berlatih menyebutkan lima dari Asmaul Husna secara bersama-sama dan kelompok
2. Siswa berlatih menghafalkan lima dari Asmaul Husna
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
F Mengupas secara singkat tentang kebesaran Allah
F Mengajukan pertanyaan untuk siswa yang telah mengetahui beberapa sifat Allah
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafalkan lima dari Asmaul Husna secara individu
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan lima dari Asmaul Husna secara bersama-sama dan kelompok
F Siswa menampilkan hafalannya di depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru melakukan tanya jawab tentang materi yang diajarkan pada pertemuan tersebut.
Alat / Sumber Belajar
1. Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima Asmaul Husna pada karton lainnya untuk dicocokkan
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian Target | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menyebutkan lima dari Asmaul Husna Ø Hafal lima dari Asmaul Husna | Tes lisan Tes lisan | Pelafalan Hafalan | 1. Sebutkan lima dari Asamaul Husna! 2. Hafalkan lima dari Asmaul Husna 3. Artikan Surat ini اِيَّاكَ نَعْبُدُوَاِيَّاكَ نِسْتَعِيْنَ 4. Gambar di samping mencerminkan asma Allah SWT .… a. Ar-Rahman b. Al-Ahad c. Al-Malik 5. Gambar di bawah sesuai dengan amalan asma Allah SWT ar-rahim yaitu .… a. b. c. 6. Orang yang menyembah kepada selain Allah SWT, berarti bertentangan dengan asma Allah SWT .... a. Al-Malik b. As-Samad c. Al-Ahad 7. Memberi makan ayam termasuk pengamalan asma Allah SWT .... 8. Perbuatan yang cocok dengan asma Allah SWT Ar-Rahim adalah …………………… 9. Gambar di atas bertentangan dengan asma Allah SWT .… 10. Mengapa kita harus menyantuni fakir miskin? 11. Berilah contoh satu pengamalan sifat ar-rahim Allah SWT yang dapat kamu lakukan! |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ..................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda