Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi : 3. Mencontoh perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.2 Menampilkan perilaku hidup sederhana
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian hidup sederhana
2. Siswa dapat menunjukkan contoh hidup sederhana
3. Siswa dapat menerapkan hidup sederhana
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Hidup sederhana
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan diskusi tentang perilaku hidup sederhana dengan teman-temannya
2. Siswa berlatih memberikan contoh-contoh perilaku hidup sederhana
3. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang manfaat dari perilaku hidup sederhana
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Memberikan nasihat tentang pentingnya bersikap rendah hati (melalui Mutiara Islam )
F Cerita menarik tentang sikap hidup sederhana
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memperhatikan uraian dan penjelasan guru tentang bahan ajaran yang sedang dipelajari
F Siswa memberikan komentar, usulan, pengalaman menarik tentang teman, orang lain yang berperilaku hidup sederhana
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memberikan contoh sikap hidup sederhana
F Siswa menyebutkan beberapa keuntungan orang yang hidup sederhana
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melaksanakan aktivitas yang ada di halaman 26 dan 28
Alat / Sumber Belajar
1. Gambar peraga penampilan sikap sederhana
2. Teks cerita singkat tentang sikap hidup sederhana para sahabat Nabi
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Alquran (Juz Amma)
6. Pengalaman guru atau pribadi siswa
7. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menjelaskan pengertian hidup sederhana Ø Menunjukkan contoh hidup sederhana Ø Menerapkan hidup sederhana | Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Esay Pilihan ganda Esay Jawaban singkat | 1. Apa yang dimaksud dengan hidup sederhana? 2. Makanan tidak perlu selalu mewah tetapi ….? a. lezat b. bergizi c. banyak 3. Bagaimana cara hidup sederhana dalam harta? 4. Hidup sederhana artinya .… a. perilaku bersahaja b. berlebih-lebihan c. bermewah-mewah 5. Orang yang sederhana itu bila membeli baju tidak harus yang mahal harganya .... 6. Hidup sederhana dapat dilakukan dengan cara menyisihkan sebagian uang saku untuk di .… 7. Berilah contoh cara hidup sederhana! 8. Apakah hasil anak yang hidupnya sederhana? 9. Apa artinya “annadafatu minal iman”? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda