Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi : 3. Mencontoh perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.3 Menampilkan adab buang air besar dan kecil
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menunjukkan adab buang air besar dan kecil
2. Siswa dapat menjelaskan tata cara melakukan buang air besar dan kecil dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Adab buang air .
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang tata cara buang air besar dan kecil
2. Siswa berlatih menunjukkan adab buang air besar dan kecil
3. Siswa menghafal doa masuk dan keluar kamar kecil
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Cerita singkat tentang hidup bersih
F Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan memahami uraian guru tentang pentingnya adab buang air besar dan kecil
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa secara berkelompok atau sendiri menceritakan pengalamannya bagaimana tata cara yang baik apabila buang air
F Siswa secara berkelompok atau sendiri-sendiri menjelaskan tata cara melakukan buang air besar dan kecil dengan benar
F Siswa menghafalkan doa ketika masuk dan keluar kamar mandi secara berkelompok
F Siswa tampil secara sendiri-sendiri untuk menghafalkan doa ketika masuk dan keluar kamar kecil
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa memahami bacaan intisari
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan serta menulisnya di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar
1. Gambar peraga
2. Lafal doa ketika masuk dan keluar kamar kecil di karton atau papan tulis
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaia
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menunjukkan adab buang air besar dan kecil Ø Menjelaskan tata cara melakukan buang air besar dan kecil dengan benar | Tes tulis Tes tulis | Esay Esay | 1. Kaki manakah yang harus didahulukan ketika masuk ke kamar kecil? 2. Bagaimana tata cara buang air besar dan kecil yang benar? 3. Kebersihan adalah pangkal ................ 4. Orang yang selalu menjaga kebersihan hidupnya akan ................ 5. Badan yang bersih adalah badan yang .................. 6. Agama Islam adalah agama yang mengutamakan kebersihan. Kebersihan sebagian dari pada .............. 7. Dengan buang air kecil (bersuci) akan mendorong anak untuk hidup.… 8. Bagaimanakah sikapmu apabila melihat WC kotor? 9. Nabi Muhammad bersabda yang artinya: “Islam adalah bersih” Maka bersihkanlah dirimu dan lingkunganmu. Sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang bersih.Maka dari itu kita harus menjaga ....................................................... |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda