Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas I SK. 4.2

Sekolah                         :    SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   I / 1
Standar Kompetensi   :    4.   Mengenal tata cara bersuci (taharah)
Kompetensi Dasar      :    4.2 Mencontoh tata cara bersuci
Alokasi Waktu             :   6 x 35 menit ( 2 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran    
1.      Siswa dapat melakukan tata cara bersuci dengan benar
2.      Siswa dapat menghafal do’a sebelum dan sesudah masuk kamar kecil

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran
1.         Taharah

Metode Pembelajaran    
1.      Siswa mempraktikkan tata cara bersuci secara berkelompok
2.      Siswa menghafal do’a sebelum dan sesudah masuk kamar kecil dan mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Guru menjelaskan kembali materi tentang tata cara bersuci secara ringkas
F Siswa menyebutkan kembali tata cara bersuci yang benar dan alat-alat yang dapat digunakan untuk bersuci
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan tata cara bersuci dengan benar
F Siswa dapat menghafal do’a sebelum dan sesudah masuk kamar kecil
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mempraktikkan tata cara bersuci secara berkelompok
F Siswa menghafalkan do’a sebelum dan sesudah masuk kamar kecil secara berkelompok dan sendiri-sendiri
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang dan ditulis di buku tugas serta dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

Alat / Sumber Belajar
1.     Gambar-gambar peraga tentang tata cara bersuci
2.     Alat-alat bersuci yang bisa disiapkan
3.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
4.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5.     Buku-buku lain yang relevan
6.     Alquran (juz Amma)
7.     Teks doa sebelum masuk dan sesuadah keluar toilet di karton atau papan tulis
8.     Pengalaman guru
9.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian Target
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh  Instrumen
Ø Menghafalkan doa sebelum dan sesudah keluar masuk kamar kecil

Ø  Melakukan tata cara bersuci
Tes lisan



Tes unjuk kerja
Hafalan



Praktik
1.  Hafalkan doa sebelum dan sesudah keluar masuk kamar kecil!
2.  Peragaan tata cara bersuci yang baik dan benar!  


Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
...










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .....................................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda