Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 2
Standar Kompetensi : 8. Menampilkan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 8.5 Menampilkan adab belajar
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 2 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menunjukkan contoh adab belajar
2. Siswa dapat menampilkan adab belajar dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
3. Siswa dapat menunjukkan manfaat rajin belajar
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Adab belajar
Metode Pembelajaran
1. Siswa menunjukkan contoh adab belajar
2. Siswa menyampaikan pendapat tentang manfaat rajin belajar
3. Siswa berlatih menghafalkan doa belajar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang adab belajar.
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati penjelasan guru tentang bahan ajar yang disajikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menjawab beberapa pertanyaan guru tentang adab belajar
F Siswa menghafalkan doa belajar secara berkelompok
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan dan ditulis di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar
1. Gambar-gambar peraga yang mencerminkan adab belajar
2. Perilaku siswa yang belajar sesuai dengan tata cara yang baik
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen / Soal |
Ø Menunjukkan cara adab belajar Ø Menampilkan adab belajar Ø Menunjukkan manfaat rajin belajar | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Pilihan ganda Essay Jawaban singkat | 1. Sebelum dan sesudah belajar kita dianjurkan ….? 1. beristirahat 2. bermain 3. berdoa 2. Apa saja yang terdapat dalam adab belajar? 3. Apa keuntungan murid yang rajin belajar? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. ... | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ....................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda