Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 2
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan bersuci (taharah)
Kompetensi Dasar : 9.1 Menyebutkan tata cara berwudu
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 2 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan tata cara berwudu dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Taharah
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang tata cara berwudu yang benar dengan memperhatikan gambar peraga yang ada di buku
2. Siswa berlatih melafalkan niat berwudu
3. Siswa berlatih menghafal urutan berwudu
4. Siswa menghafal doa berwudu
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : Memperagakan cara berwudu sesuai kemampuan dari gerakan satu ke gerakan lainnya.
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal doa berwudu
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan niat berwudu secara klasikal dan berkelompok
F Siswa menghafal urutan berwudu melalui alat peraga
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan, tulis di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar
1. Gambar tata cara berwudu pada karton atau lainnya
2. Tempat dan peralatan berwudu (kran air)
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Kaset dan CD Alquran atau peralatan dan teknologi komunikasi yang relevan
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen / Soal |
Ø Menjelaskan tata cara berwudu | Tes tulis | Uraian | Ø Jelaskan tata cara berwudu ? Ø sunah wudu itu apabila dilakukan akan menambah ………… Ø Wudu adalah bersuci dari hadas .… a. besar b. sedang c. kecil Ø Di antara sunah wudu adalah .… a. gbr membasuh muka b. gbr.membersihkan kaki c. gbr. Membasuh muka |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda