Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas I SK. 9.1

Sekolah                         :    SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   I / 2
Standar Kompetensi   :    9.   Membiasakan bersuci (taharah)
Kompetensi Dasar      :    9.1 Menyebutkan tata cara berwudu
Alokasi Waktu             :   6 x 35 menit ( 2 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran    
1.        Siswa dapat menjelaskan tata cara berwudu dengan benar

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran
1.        Taharah

Metode Pembelajaran    
1.        Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang tata cara berwudu yang benar dengan memperhatikan gambar peraga yang ada di buku
2.        Siswa berlatih melafalkan niat berwudu
3.        Siswa berlatih menghafal urutan berwudu
4.        Siswa menghafal doa berwudu

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : Memperagakan cara berwudu sesuai kemampuan dari gerakan satu ke gerakan lainnya.
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2.    Kegiatan Inti      
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal doa berwudu
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan niat berwudu secara klasikal dan berkelompok
F Siswa menghafal urutan berwudu melalui alat peraga 

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan, tulis di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

Alat / Sumber Belajar
1.     Gambar tata cara berwudu pada karton atau lainnya
2.     Tempat dan peralatan berwudu (kran air)
3.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
4.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5.     Buku-buku lain yang relevan
6.     Alquran (juz Amma)
7.     Kaset dan CD Alquran atau peralatan dan teknologi komunikasi yang relevan
8.     Pengalaman guru
9.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh  Instrumen / Soal
Ø  Menjelaskan tata cara berwudu
Tes tulis

Uraian
Ø  Jelaskan tata cara berwudu  ?
Ø  sunah wudu itu apabila dilakukan akan menambah  …………
Ø  Wudu adalah bersuci dari hadas .…
a. besar                        b. sedang        
c. kecil
Ø  Di antara sunah wudu adalah .…
a.       gbr membasuh muka
b.      gbr.membersihkan kaki
c.       gbr. Membasuh muka




Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda