Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : I / 2
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan bersuci (taharah)
Kompetensi Dasar : 9.2. Mempraktikkan tata cara berwudu
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mempraktikkan tata cara berwudu dengan benar
2. Siswa dapat membiasakan berwudu dengan benar sebelum melaksanakan salat lima waktu
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Wudu.
Metode Pembelajaran
1. Siswa mempraktikkan tata cara berwudu dengan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : melafalkan urutan berwudu secara klasikal dan berkelompok
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendemonstrasikan pelaksanaan berwudu dengan sempurna
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih berwudu secara kelompok kemudian individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri.
F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru.
Alat / Sumber Belajar
1. Gambar tata cara berwudu pada karton atau lainnya
2. Tempat dan peralatan berwudu (kran air)
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 1, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Kaset dan CD Alquran atau peralatan dan teknologi komunikasi yang relevan
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen / Soal |
Ø Mempraktikkan tata cara berwudu dengan benar Ø Membiasakan berwudu dengan benar | Tes unjuk kerja Tes lisan | Praktik Hafalan | 1. Hafalkan urutan berwudu 2. Biasakan berwudu dengan benar! 3. Rukun wudu adalah sesuatu yang harus dikerjakan dalam wudu, seperti : |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda