Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Kelas / Semester : II / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar Kompetensi : 1. Menghafal Alquran
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengenal huruf Hijaiah
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2 ´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melafalkan huruf Hijaiah dengan benar
2. Siswa dapat menunjukkan hafal huruf Hijaiah
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Huruf Hijaiah.
Metode Pembelajaran
1. Siswa berlatih melafalkan huruf Hijaiah secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
2. Guru memberikan penjelasan tentang makhraj huruf Hijaiah
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : menghafalkan huruf Hijaiah
F Motivasi :menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf Hijaiah secara klasikal
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf Hijaiah secara kelompok
F Siswa menghafalkan huruf Hijaiah secara individu
F Siswa tampil ke depan kelas menghafalkan huruf Hijaiah dengan benar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis huruf-huruf Hijaiah di buku tugas
Alat / Sumber Belajar
1. Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2. Buku tajwid
3. Alquran (juz amma)
4. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
5. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6. Buku-buku lain yang relevan
7. Kaset dan CD Alquran
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Melafalkan huruf hijaiah dengan benar Ø Menunjukkan hafal huruf Hijaiah | Tes lisan Tes lisan | Hafalan Hafalan Uraian |
a. angka tiga terbalik b.mata pancing c. toge
a. ta b. ţa c. dad
a. ف b. ق c. ك
a. kaf nun b. kaf ya’ c. kaf mim
a. س ن b. س ج c. س ت
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda