Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas II SK. 1.2

Sekolah                         :   SD Negeri 2 Lancar
Kelas / Semester          :    II/ 1
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Standar Kompetensi  :    1.  Menghafal  Alquran
Kompetensi Dasar       :   1.2 Mengenal tanda baca (harakat)
Alokasi Waktu             :   3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat melafalkan huruf Hijaiah berharakat:
a.       fatah
b.      kasrah
c.       damah
d.      tanwin
e.       sukun

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran
1.      Harakat

Metode Pembelajaran    
1.      Siswa berlatih melafalkan huruf Hijaiah berharakat secara bersama-sama dan kelompok mengikuti bacaan guru.
2.      Siswa menampilkan kemampuannya melafalkan huruf-huruf Hijaiah berharakat secara individu di depan kelas

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : Guru memperkenalkan bahan ajaran mengenai tanda baca (harakat)
F Motivasi : Siswa menyebutkan kembali huruf-huruf Hijaiah secara klasikal
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf-huruf Hijaiah berharakat secara bersama-sama dan kelompok
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memperaktikkan pelafalan huruf-huruf Hijaiah berharakat secara individu di depan kelas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan dan ditulis di buku tugas serta dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
F Siswa memahami bacaan intisari

Alat / Sumber Belajar
1.     Tulisan tanda baca (harakat) di karton atau papan tulis
2.     Tulisan huruf Hijaiah berharakat di karton atau papan tulis
3.     Buku tajwid         
4.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
5.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6.     Buku-buku lain yang relevan
7.     Pengalaman guru  
8.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Melafalkan huruf Hijaiah beraharakat:
o   Fatah
o   Kasrah
o   Damah
o   Tanwin
o   sukun

Tes lisan




Uraian




1.          Bacalah huruf Hijaiah berharakat berikut! Fatah
a.       Kasrah
b.      Damah
c.       Tanwin
d.      sukun
2.          اَيْنَ Kalimat di samping dibaca….
a. auna                                     b. ina
c. aina
3.          Kaifa jika ditulis huruf al-Quran adalah ….
a. كِيْفَ   b.  كَيْفَ              c.  كُوْفَ
4.          جَوْفَ   Kalimat di samping dibaca…
a. jaufa                        b. jaifa                         c. jufa
5.          يَوْمَ Kalimat di samping dibaca…
a. yuma                        b. yaima
c. yauma
6.          Laura jika ditulis huruf al-Quran…
a.  لَوْحَ   b.  لَوْزَ  
c.  لَوْرَ
7.          صَوْفِ Kalimat di samping dibaca…
8.          لَوْحٌ Jika ditulis latin berbunyi…
9.          Rauda jika ditulis huruf al-Quran…
10.      Apabila ada huruf bertanda baca fathah diikuti oleh ya’ mati dibaca apa?
11.      Tulislah ke dalam huruf al-Quran!nauma
12.      Tulislah ke dalam huruf latin!قَوْمَ


Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .....................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda