Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas II SK. 4.1

Sekolah                           :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran             :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           :  II / 1
Standar Kompetensi   :   4.    Mengenal tata cara wudu
Kompetensi Dasar        :  4.1 Membiasakan wudu dengan tertib
Alokasi Waktu              :  6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan tata cara wudu yang benar
2.      Siswa dapat menyebutkan urutan berwudu
3.      Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudu
4.      Siswa dapat mempraktikkan berwudu dengan benar

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines) , rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran 
1.      Wudu

Metode Pembelajaran
1.      Siswa berlatih menyebutkan urutan berwudu.
2.      Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang berkaitan wudu dan yang membatalkannya
3.      Siswa berlatih mempraktikkan wudu dengan benar

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Pengenalan tentang beberapa macam bersuci termasuk wudu
F Memberikan bahan ajar secara menarik melalui pengalaman siswa atau kisah yang relevan
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memahami hal-hal yang berkaitan dengan wudu dan yang membatalkannya
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menghafalkan niat wudu secara klasikal dan individu
F Siswa mengenal dan memahami tata cara berwudu
F Siswa mempraktikkan cara berwudu dengan benar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.   Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang urutan-urutan berwudu
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang dapat membatalkan wudu

Alat / Sumber Belajar
1.     Alat dan tempat berwudu
2.     Gambar peraga orang berwudu serta urutannya
3.     Lafal niat wudu di karton atau papan tulis
4.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 2, Jakarta : Erlangga
5.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 2 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6.     Pengalaman guru
7.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø   Menjelaskan tata cara wudu yang benar
Ø   Menyebutkan urutan berwudu
Ø   Menyebutkan hal-hal yang membatal-kan wudu
Ø   Praktik berwudu dengan benar
Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis

Tes praktik

Esay


Jawaban singkat


Jawaban singkat

Praktik

Pilihan ganda

Esay


Jawaban singkat
1.  Bagaimana cara melaksanakan wudu?
2.  Setalah berkumur dan membasuh luabang hidung kemudian ….
3.  Sebutkan dua hal yang membatalkan wudu!
4.  Praktikkan berwudu dengan benar
5.  Wudu adalah bersuci dari hadas .…
a. besar            b. sedang
c. kecil
6.  Di antara sunah wudu adalah .…
a.       gbr membasuh muka
b.      gbr.membersihkan kaki
c.       gbr. Membasuh muka
7.  Rukun wudu ada .…
a. 4                 b. 5                 
c. 6
8.  Tertib adalah tukun wudu yang .…
a. terakhir                   
b. pertengahan            
c. pertama
9.  Membasuh telinga termasuk …wudu
a. rukun                      
b. sunah                      
c. batal
10.  Membersihkan hidung termasuk …wudu


11.          Cloud Callout: gb. Anak membasuh telinga.                                             


           
  


        Gambar di samping termasuk……………….wudu
12.  Rukun wudu yang kedua adalah…
13.  Jika meninggalkan salah satu rukun wudu, maka  wudunya…………………
14.  Waktu wudu mwmbasuh kaki sampai…………..
15.  Apakah rukun wudu sesudah membasuh muka?
16.  Sebutkan dua di antara rukun wudu yang             berurutan!




Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ....................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda